Overblog Follow this blog
Edit post Administration Create my blog
promenademiss

promenademiss

promenademiss

Wanita Sholelah Teladan Ummat

Khadijah Ra contoh wanita muslimah pilihan
Khadijah Ra contoh wanita muslimah pilihan

Dalam sejarah Islam, banyak kisah yang tak bertepi hikmah yang bisa dipetik di dalamnya.

Kisah-kisah teladan tersebut, tidak hanya datang dari sosok pria atau mukmin saja. Namun, cerita hikmah tersebut juga datang dari para wanita, atau muslimah.

Mereka paatut dijadikan teladan atau uswah karena ketaatan dan segala kebaikan yang telah mereka contohkan.

Pengorbanan mereka luar biasa. Bukan hanya berkorban harta, benda, waktu bahkan nyawa mereka juga menjadi bentuk pengorbanan dalam memperjuangkan Islam.

Contoh misalnya, teladan dari Khadijah Ra (istri pertama Rasulullah Muhammad SAW). Beliau adalah salah satu wanita yang pertama memeluk Islam. Setelah Rasul SAW menyatakan dirinya sebagai nabi dan rasul Allah SWT, maka tidak ada keraguan dalam diri Khadijah RA. ia kemudian serta merta beriman kepada Allah SWT dan Muhammad SAW.

Pengorbanan Khadijah RA sangat luar biasa. Ia mengorbankan hartanya di jalan Allah SWT dalam rangka menyebarluaskan ajaran Islam di tengah-tengah masyarakat makkah pada waktu itu.

Ia menjadi istri sekaligus sahabat bagi Rasul SAW. Ia dengan setia menemani perjalanan dakwah Rasul SAW hingga menjelang wafatnya. Perjuangannya tidak pernah terhenti.

Pun begitu dengan figur muslimah lainnya, semisal Sumayyah, sang mujahidah pertama dalam Islam. Namanya akan selalu dikenang dan menjadi contoh tak bertepi karena pengorbanannya dan keteguhannya dengan ajaran Islam walau nyawa menjasdi taruhannya.

Keimanannya telah terpatri dengan kuat. Tidak ada lagi hal yang beliau takuti selain Allah SWT.

Beda lain halnya dengan Aisyah RA, salah satu istri Rasulullah SAW sepeninggal Khadijah RA. Aisyah RA adalah anak dari sahabat Rasul SAW yaitu Abu Bakar As shiddiq. Beliau dinikahi Rasul SAW pada usia yang cukup relatif muda.

Dalam perjalanan hidupnya ia senantiasa mendampingi Rasul SAW hingga wafatnya Rasul SAW.

Aisyah RA adalah salah satu rujukan hadits-hadits dari Rasulullah SAW selain para sahabat lainnya.

Demikianlah beberapa tokoh atau figur wanita muslimah dalam Islam yang tauladannya patut kita contoh.

Seyogyanya kita mengambil contoh bagaimana mereka berkorban untuk dinula Islam. semangat perjuangannya harus kita ketahui dan juga harus kita ikuti dalam aktivitas kehidupan kita.

Bagi mereka, kemuliaan hanya dengan memperjuangkan Islam

Share this post

Repost 0
To be informed of the latest articles, subscribe:

Comment on this post